Rabu, 10 Maret 2010

JARINGAN KOMPUTER

JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

1. KONSEP JARINGAN KOMPUTER
1.1 Elemen - elemen Penting dalam Jaringan Komputer

 - Node : Personal Computer, dengan fungsi khusus yakni :
    1 Host atau PC
    2 Switch, HUB, Bridge

- Link : kabel Coaxial, kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), FO (Fiber Optic) :
    1 Point to Point 
    2 Multiple access


1.2 Jaringan komputer dapat diartikan sebagai :

 - Jaringan komputer adalah :
    1 Dua atau lebih host yang saling terhubung oleh link.
    2 Dua atau lebih jaringan yang terhubung oleh dua atau lebih node.
    
1.3 Pengalamatan dan Routing

 - Alamat (address) : adalah sebuah angka yang unik dan mengidentifikasi sebuah node. Antara      nomer yang satu dengan yang lain saling berbeda.

 - Routing  : Proses meneruskan pesan ke node tujuan berdasarkan alamat yang dituju.

 - Pengalamatan pada jaringan terdiri dari tiga tipe :
   1 Unicast : yang spesifik untuk 1 node.
   2 Broadcast : alamat yang digunakan oleh semua node dalam 1 network.
   3 Multicast  : alamat yang digunakan untuk beberapa subset node dalam 1 network.

2. SINYAL, MEDIA DAN TRASNMISI DATA
2.1 Media Transmisi

 - Kawat Tembaga (Kabel)
   1 Diperlukan 2 buah kabel.
   2 Tipe yang digunakan ialah Twisted Pair dan  Coaxial.

 - Fiber Optic
    1 Fleksibel.
    2 Media pengiriman data menggunakan cahaya.

 - Udara 
   1 Media ini biasanya dugunakan untuk transmisi eleltromagnetik

2.2 Bentuk -bentuk Energi yang digunakan untuk mengirim data

 - Menggunakan arus listrik
 - Menggunakan elektromagnetik yaitu berupa Frekuensi Radio atau Infra merah, sinar laser,        salelit.
  
3 Jenis - jenis JARINGAN

1. Jenis Jenis
    Jenis yang   digunakan adalah jenis ini.

   - Keuntungan :
      1. Bila melakukan pertukaran data dapat dilakukan dengan mudah.
      2. Troughput yang tinggi.
      3. Data yang masuk dan keluar server dapat dikontrol.
      4. Resiko kehilangan data dikarenakan virus jadi sangat tidak dimungkinkan.

2. T0pologi
    Adalah sebuah cara untuk menghunbungkan antara i pengguna dengan pengguana yang lain agar saling dapat berhubungan. Beberapa contoh topoli :

         2.1 Point to point
               Ini adalah jaringan yang paling mudah tetapi dapat digunakan dengan luas.
         2.2 Star Network
                Semua komputer dihubungkan ke suatu pusat, namun jika pusatnya mengalami                             kerusakn semua akan terganggu.
         2.3 Ring Network
                Semua komputer yang dihubungkan akan membentuk bagan yang berbentuk l                               ingkaran. Tidak ada pusat, dalam menyampaikan data, jaringan bisa bergerak dalam                     satu ataupun dua arah.
         2.4 Bus Network
               Jenis ini sangat cocok digunakan untuk tempat yang tidak terlalu luas. Contohnya                            jaringan bus adalah jaringan yang pertama kali ditemukan oleh Digital Xerox.

0 komentar:

Posting Komentar